You Are Here: Home » Kue » Resep Onde-Onde

resep onde onde
Selamat pagi, Onde Onde adalah salah satu makanan khas Indonesia yang seiring perkembangan jaman semakin dilupakan keberadaannya. Generasi sekarang semakin jarang saja yang tau bahwa onde onde adalah nama makanan, semakin sedikit pula yang tau cara membuatnya. Nah kali ini saya ingin berbagi Resep Onde-Onde untuk anda semua dengan harapan makanan tradisional ini tidak punah kelak di kemudian hari.

Bahan Isi:
200gr Kacang hijau kupas
125gr Gula pasir
1/2 sdt Vanilli bubuk
250ml Air
1 lembar Daun Pandan
3sdm Minyak goreng

Kulit:
150gr Tepung ketan
25gr Tepung sagu
25gr Gula pasir
1sdt Garam
100ml Air hangat
1sdm Air kapur sirih
150gr Wijen
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Onde-Onde:

  1. Isi: rendam kacang hijau selama 2 jam, tiriskan dan cuci bersih, lalu kukus hingga lunak dan haluskan. Didihkan air dengan gula pasir dan daun pandan, amsukkan kacang hijau dan vanilli bubuk, masak hingga menjadi kalis, angkat dan dinginkan. Bagi menjadi 30 bagian, sisihkan.
  2. Kulit: campur tepung ketan, tepung sagu, gula pasir, dan garam, aduk rata, tambahkan air sedikit-sedikit dan air kapur sirih, aduk rata dan uleni hingga kalis, Bagi adonan menjadi 30 bagian.
  3. Penyelesaian: Ambil satu adonan kulit, isi dengan satu bagian adonan isi, bulatkan, celupkan ke dalam air sebentar, lumuri dengan wijen, sisihkan.
  4. Panaskan minyak dan goreng hingga berwarna kuning keemasan, angkat. Sajikan hangat.
untuk 30 buah
Tags: Kue

0 comments

Silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Featured Post

Resep Ayam Goreng ala Malaysia

Selamat Malam, hasil dari Resep Ayam Goreng ala Malaysia ini mungkin sreing anda jumpai di dalam serial kartun  Upin dan Ipin yang taya...