You Are Here: Home » Ayam » Resep Ayam Goreng Telur Asin

resep ayam goreng telur asin

Selamat siang, mari kita buat Resep Ayam Goreng Telur Asin, masakan yang menggunakan telur asin sebagai bumbunya biasanya adalah seafood namun karena ada beberapa orang yang alergi terhadap makanan seafood maka kali ini kita akan membuatnya sedikit berbeda yaitu dengan menggunakan ayam goreng sebagai gantinya. Ayam Goreng Telur Asin ini bisa dibilang memiliki citarasa yang agak berbeda dengan yang menggunakan seafood sebagai bahan utamanya, karena kita akan menggunakan sedikit bumbu tambahan didalamnya. Selamat mencoba.

Bahan:

1 ekor Ayam kampung, potong 12 bagian
4 butir Telur asin, hancurkan kasar
400 ml Air
Minyak untuk menggoreng
250gr Tepung terigu
100gr Tepung tapioka
1 butir telur, ambil putihnya saja
12 lembar daun kari atau salam koja atau bisa juga diganti dengan daun kemangi
2 siung bawang putih cincang
1/2 buah bawang bombay cincang

Bumbu:

6 butir Bawang merah, haluskan
4 siung Bawang putih, haluskan
½ sendok makan ketumbar, sangrai, haluskan
2 lembar daun salam
2 sendok teh gula pasir
2 batang serai
½ sendok teh lada bubuk
2 cm lengkuas, memarkan
2 sendok teh garam halus

Cara Membuat Ayam Goreng Telur Asin:

  1. Siapkan panci, tuangkan air dan bumbu, masukkan potongan daging ayam, masak dengan api kecil hingga empuk, atau anda juga bisa menggunakan panci tekan, dan memasaknya selama 10 menit.
  2. Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka. Keluarkan ayam dari panci, masukkan kedalam putih telur, masukkan kedalam adonan tepung, angkat dan tepuk-tepuk sedikit agar tepung yang tidak menempel bisa jatuh kembali, goreng hingga kuning kecoklatan, angkat.
  3. Panaskan wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan telur asin aaduk hingga rata, tuangkan 2sdm air, masak hingga agak berbusa, masukkan ayam goreng dan daun salam koja atau daun kemangi, aduk-aduk hingga tercampur rata, angkat.
  4. Sajikan hangat.

Tags: Ayam

0 comments

Silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Featured Post

Resep Ayam Goreng ala Malaysia

Selamat Malam, hasil dari Resep Ayam Goreng ala Malaysia ini mungkin sreing anda jumpai di dalam serial kartun  Upin dan Ipin yang taya...