You Are Here: Home » micelanous » Resep Pepes Tahu Jamur

resep pepes tahu jamur
Selamat siang, hari ini saya akan memposting resep khas Indonesia yaitu Resep Pepes Tahu Jamur. Kebanyakan dari kita pasti sudah pernah makan masakan yang bernama pepes, di Indonesia sendiri terdapat ratusan jenis pepes mulai dari pepes ikan, ayam, jamur, tahu, tempe, sayuran, dll. Keunikan dari masakan ini adalah pada bungkusnya yang berasal dari daun pisang sehingga akan memberi aroma khas pada rasanya apalagi jika dipanggang sebentar dahulu sebelum disantap. Pepes tahu jamur ini adalah salah satu dari sekian jenis pepes yang ada dan yang pasti rasanya juga tidak kalah enaknya dengan pepes yang lain. Selamat mencoba.

Bahan:
5 buah Tahu putih ukuran besar, lumatkan
2 butir Telur ayam, kocok lepas
100ml Santan kental
250gr Jamur merang, iris tipis
20 lembar, daun kemangi, cuci bersih
1sdt Gula pasir
1,5sdt Garam
10 lembar Daun salam
10 buah Cabe rawit merah utuh, hilangkan gagangnya
Daun pisang untuk pembungkus
Lidi untuk penyemat atau pengunci bungkusan

Bumbu Halus:
5 butir Bawang merah
3 siung Bawang putih

Bumbu Irisan:
2 batang Serai, ambil bagian putihnya, iris tipis
1 buah Tomat besar, iris tipis
2 batang Daun bawang, iris tipis

Cara Membuat Pepes Tahu Jamur:

  • Campurkan tahu, telur, santan, jamur, daun kemangi, gula pasir, garam, bumbu halus dan bumbu irisan, aduk hingga tercampur rata.
  • Siapkan daun pisang, 1 lembar daun salam, 1 buah cabe rawit merah, letakkan sedikit irisan daun serai, irisan tomat, sedikit irisan daun bawang, dan 2 sendok makan adonan pepes, bungkus memanjang sambil agak ditekan supaya padat.
  • Kukus selama 20 menit, angkat, sajikan, atau bisa juga dipanggang sebentar hingga daun pisang sedikit hangus bar kemudian disajikan dengan nasi hangat.

0 comments

Silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Featured Post

Resep Ayam Goreng ala Malaysia

Selamat Malam, hasil dari Resep Ayam Goreng ala Malaysia ini mungkin sreing anda jumpai di dalam serial kartun  Upin dan Ipin yang taya...